A. Pengelolaan Kelas Bahasa
Pengelolaan kelas
adalah pengaturan segala sesuatu yang dapat menunjang keberhasilan proses
belajar mengajar secara sistematis.
Pengelolaan kelas bahasa
adalah pengaturan segala sesuatu yang dapat menunjang keberhasilan proses
belajar mengajar secara sistematis.
Menurut Tarigan (1989:
3), keberhasilan suatu proses belajar mengajar ditentukan oleh hal-hal berikut
ini:
a.
prestasi belajar,
b.
prestasi pengajar, dan
c.
prestasi system (yang melibatkan pembekajar
dan pengajar)
Pembelajaran
bahasa yang baik adalah pembelajaran yang komunikatif dan integratif.
Pembelajar dikondisikan untuk mempelajari hal-hal yang bersifat komunikatif.
Artinya, pembelajar mempelajari hal ihwal berbahasa dan bukan mempelajarai
tentang bahasa. Pembelajaran seperti ini adalah pembelajaran yang berorientasi
kepada kecakapan atau kemahiran.
Pengelolaan pembelajaran bahasa ini
meliputi pengaturan pembelajaran bahasa di dalam ruangan dan di luar ruangan.
1.
Pengelolaan kelas bahasa di dalam kelas
(untuk siswa SD)
a.
Hal yang harus diperhatikan dekorasi
kelas dibuat semenarik mungkin untuk menciptakan kenyamanan dalam proses
belajar.
b.
Papan kelas dilengkapai dengan kapur
berwarna.
c.
Kenyamanan, kelengkapan media pembelajar
disiapkan dengan baik (untik siswa SMA)
2.
Pengelolaan kelas bahasa di luar kelas
Belajar
di luar kelas bisa dengan mengunjungi tempat-tempat umum, seperti pasar,
terminal, musiem, tempat makan dan tempat hiburan.Tujuannya yaitu melatih
keterampilan kemampuan produktif siswa, melatih daya berfikir siswa dan
kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Bisa juga menggunakan masyarakat sebagai
lingkungan sosial yang tujuannya agar siswa lebih bergairah, menemukan
pengalaman baru, melatih berinteraksi dengan orang lain.
B. Pengelolaan Pembelajaran Bahasa
Pengelolaan
pembelajaran kelas bahasa dibagi tiga, yaitu:
1.
Individual
2.
Kelompok
3.
Klasikal
Pengelolaan
pembelajaran bahasa secara individual:
1.
Pengelolaan kelas metode langsung
2.
Pengelolaan kelas metode audiolingual
3.
Pengelolaan kelas metode audiolingual
Pengelolaan kelas
secara kelompok:
1.
Pengelolaan kelas metode langsung
2.
Pengelolaan kelas metode audiolingual
3.
Pengelolaan kelas pendekatan ganda
4.
Pengelolaan kelas belajar bahasa
masyarakat
Pengelolaan kelas
secara klasikal:
1.
Pengelolaan kelas responsi fisik total
2.
Pengelolaan kelas metode audiolingual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar